1.
Masalah telur, bagaimana hukumnya:
a. Telur hewan
yang dagingnya haram dimakan?
b. Telur
bonor/rusak.
c. Telur yang
sudah ada darahnya.
2.
Dalam beberapa hadits
disebutkan bahwa asma Allah sembilan puluh sembilan. Namun demikian dari
hadits-hadits tersebut untuk melengkapi jumlah sebilan puluh sembilan itu
berbeda antara hadits yang satu dengan hadits yang lain sehingga mengesankan
bahwa asma Allah lebih dari seratus. Mohon penjelasan.
Berikut yang sempat tercatat.
المؤمن
|
السلام
|
القدوس
|
ا لملك
|
الرحيم
|
الرحمن
|
الإله
|
1
|
النور
|
الباقي
|
الوارث
|
الصبور
|
الرشيد
|
البديع
|
المبدئ
|
2
|
الرءوف
|
المغني
|
المانع
|
النافع
|
الضار
|
الجامع
|
المحصي
|
3
|
المنتقم
|
مالك الملك
|
ذو الجلال والإكرام
|
المقسط
|
الغني
|
العفو
|
الولي
|
4
|
الباطن
|
المتعالي
|
الوالي
|
التواب
|
البر
|
المقدم
|
القوي
|
5
|
الظاهر
|
الآخر
|
المؤخر
|
الأول
|
المقتدر
|
الواحد
|
الحميد
|
6
|
القادر
|
الصمد
|
الأحد
|
الفرد
|
الماجد
|
القيوم
|
المتين
|
7
|
المعيد
|
المحيي
|
المميت
|
الحي
|
الواجد
|
الباعث
|
الحق
|
8
|
المقيت
|
الودود
|
الحكيم
|
المجيب
|
الشهيد
|
الرقيب
|
الوكيل
|
9
|
الحفيظ
|
الحسيب
|
الكريم
|
الجليل
|
المجيب
|
الكبير
|
الواسع
|
10
|
العظيم
|
الحليم
|
العلي
|
الشكور
|
الغفور
|
الخبير
|
العليم
|
11
|
المذل
|
البصير
|
العدل
|
الحكم
|
اللطيف
|
القابض
|
الفتاح
|
12
|
الباسط
|
الخافض
|
المعز
|
السميع
|
الرافع
|
الغفار
|
الوهاب
|
13
|
المتكبر
|
البارئ
|
الخالق
|
المصور
|
القهار
|
الجبار
|
الرزاق
|
14
|
الجميل
|
البرهان
|
الأبد
|
الله
|
المهيمن
|
الخلاق
|
العزيز
|
15
|
ذوالفضل
|
ذوالمعارج
|
ذوالطول
|
الدائم
|
الحنان
|
الشديد
|
التام
|
16
|
المنير
|
الكافي
|
القديم
|
القريب
|
الصادق
|
الرب
|
17
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
3.
Di dalam penafsiran Al-Qur’an terdapat banyak
ilmu yang diperlukan, sehingga Nahdlatul Ulama menganjurkan kepada masyarakat
agar mengambil tafsir yang sudah jadi yang memiliki sanad keilmuan yang kukuh (dari
kutub mu’tabarah) dan apabila tidak memiliki ilmu yang cukup untuk
memahaminya dianjurkan bertanya kepada ahlinya.
Akhir-akhir ini bermunculan anjuran dari beberapa
organisasi untuk kembali kepada Al-Qur’an dan Hadits dan mengambil hukum hanya
dari kedua sumber tersebut berdasarkan hadits:
اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: تَرَكْتُ فِيْكُمْ اَمْرَيْنِ لَنْ تَضِلُّوْا
مَا تمَسَكْتُمْ بِهِمَا: كِتَابَ اللهِ وَ سُنَّةَ نَبِيّهِ. مالك، فى الموطأ
Sesungguhnya
Rasulullah SAW pernah bersabda, “Aku telah meninggalkan pada kamu sekalian dua
perkara yang kamu tidak akan sesat selama kamu berpegang teguh kepada keduanya,
yaitu : Kitab Allah dan sunnah Nabi-Nya“. [HR. Malik dalam Al-Muwaththa’ juz 2, hal. 899 dicuplik dari
tulisan salah satu kelompok tersebut]
Di dalam
tulisan-tulisan dan pidato-pidato yang disebarkan oleh organisasi-organisasi
tersebut dalil Al-Qur’an atau Hadits ditafsirkan tanpa menyebutkan sumber
rujukan literer yang mu’tabarah sehingga menimbulkan kesan bahwa
penafsiran yang dilakukan hanya berdasarkan Tafsir Bahasa Indonesia (baik
terbitan Depag RI maupun Pemerintah Saudi) oleh orang yang mereka anggap
sebagai ‘ulama. Bahkan ada yang dengan penuh keberanian melakukan ‘pentashihan’
terhadap Hadits yang telah di-takhrij oleh Imam Bukhori dan Imam Muslim
dengan hasil yang kadang berseberangan dengan keduanya, sehingga di dalam kitab-kitab
hadits tersebut muncul kutipan: telah dishahkan oleh Albani, didhoifkan oleh
Albani dan seterusnya.
Pertanyaan:
a. Bagaimana
sesungguhnya takwil dari hadits di atas berdasarkan pemahaman Aswaja Nahdlatul
Ulama’?
b. Bolehkan
anggota Nahdlatul Ulama menggunakan pendapat orang-orang tersebut untuk ber-hujjah
(orang yang men-takhrij hadits atau mentakwil Al-Qur’an tanpa bersandar
kepada kutub mu’tabarah)?
c. Bolehkah ber-taqlid
terhadap imam-imam kelompok yang muncul belakangan ini di dalam hal rukun Islam
sedangkan mereka ini meninggalkan qaul ‘ulama terdahulu dan hanya
merujuk secara tekstual kepada Al-Qur’an dan Sunnah melulu?
d. Di dalam hasil Muktamar
Solo disebutkan bahwa NU menolak memberlakukan hermeneutika untuk melakukan
penafsiran terhada Al-Qur’an dan Hadits, apakah orang-orang ini termasuk mengamalkan
hermenetika sebagaimana yang dimaksud oleh Muktamar Solo? Bagaimana hukumnya
kalau dilakukan?
4.
Ada dhawuh di dalam Al-Qur’an yang
menyatakan:
لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا لَهَا مَا كَسَبَتْ
وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ
Ayat ini seringkali dijadikan dalil
bahwa untuk melaksanakan kebaikan maka akan dipermudah oleh Allah, sedangkan semakin
majunya jaman diikuti dengan semakin berkurangnya minat mempelajari ilmu-ilmu
yang ada di pesantren. Oleh karenanya ada Kyai yang ketika bertabligh mendoakan
supaya Pondok Pesantren santrinya semakin sedikit.
Pertanyaan:
a. Bolehkah do’a
yang semacam ini diamalkan?
b. Mohon
dijelaskan bagaimana hubungan antara nash Al-Qur’an di atas dengan keadaan
semakin menurunnya minat para pemuda mempelajari ilmu-ilmu Islam yang ada di
pesantren!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar